Wednesday, October 8, 2008

Kuliah

Seperti kebanyakan komunitas lain, kami memiliki latarbelakang beragam. Anak petani, peternak, nelayan, guru, anggota dewan, kuli bangunan, PNS, PNM, pedagang, mugee dan profesi lain yang mungkin tak berkategori. Berbekal jadwal kuliah dalam KRS, bermula sebuah kewajiban untuk mengubah jadwal aktivitas hidup. Berikut mata kuliah yang tertera di KRS:

1. Pengantar Ilmu Hukum : 4 SKS
2. Pengantar Hukum Indonesia : 4 SKS
3. Bahasa Indonesia : 2 SKS
4. Pendidikan Agama Islam : 2 SKS
5. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : 2 SKS
6. Ilmu Alamiah Dasar : 2 SKS
7. Sosiologi : 2 SKS
Total 18 SKS

Angkatan 99 dibagi dalam tiga kelas yang mengadopsi tiga alphabet pertama, A-B-C. Perasaan aneh sempat hinggap saat kuliah, beberapa senior yang menggembleng kami di lapangan mesjid Darussalam ternyata ada yang mengulang di kelas yang sama. Mereka menghuni kelas C (kelas C memang menjadi sarang bagi mahasiswa yang mengulang atau memperbaiki nilai matakuliah). Kebanyakan senior mengulang atau memperbaiki matakuliah Pengantar Hukum Indonesia, T. Gazali SH (berpindah alam karena usia dan penyakit) menjadi koordinator matakuliahnya.

Uniknya, Papi (sebutan populer untuk almarhum Pak Gazali) selalu membagi mahasiswa ke dalam lima kelompok, sesuai jumlah shaf bangku yang kami duduki. Tak ada yang boleh mengganti tempat duduk. Macam di sekolah aja. Beda dengan pengelompokan kelas angkatan termuda yang menggunakan huruf alphabet, Papi menyebut tiap kelompok dengan representasi angka 1-5.

Bersambung...

No comments: